TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Thursday, August 4, 2022

Cara Membuat Desain Footer Nomor Halaman di Dokumen Microsoft Word

 


Berikut Langkah-Langkah Mudah Cara Membuat Desain Footer Nomor Halaman di Dokumen MS Word :


Langkah 1:


Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2007. Sekarang kita akan membuat desain nomor halaman dengan menggunakan gabungan dari beberapa shape.


Klik menu Insert, pada group Illustrations klik Shapes pilih star:8 points, kemudian buat star di dokumen word.


Supaya ukuran shape star porposional buat shape star sambil menekan tombol Shift Keyboard. Untuk memperbesar dan memperkecil shape, tarik ujung shape keluar.


Kemudian warnai shape dengan cara klik shape, lalu klik menu format, pada group shape styles pilih warna yang diinginkan atau pilih warna biru seperti pada video diatas. untuk mengganti warna menjadi biru tua, klik toolbar Shape Fill lalu pilih biru tua. Kemudian ubah ukuran shape dengan klik menu format, pada group size ubah lebar shape 1.26" dan tinggi shape=1.09".


Langkah 2:


Sekarang buat shape diamond dengan Klik menu Insert, pada group Illustrations klik Shapes pilih Diamond kemudian beri warna shape style warna hijau seperti pada video diatas atau dengan style yang lainnya. Kecilkan ukuran shape Diamond kemudian letakan ditengah Shape Star. Setelah itu buat lagi shape rectangle, lalu beri shape styles seperti pada shape Diamond. Kecilkan shape rectangle kemudian letakan ditengah shape star.


Kemudian buat shape oval, kecilkan ukuran shape kemudian beri warna putih dengan cara klik menu format, pada group shape styles klik toolbar Shape Fill dan pilih warna putih lalu hilangkan garis oval dengan memilih toolbar shape outline- no outline lalu letakan ditengah shape star sehingga seperti pada video diatas. 


Setelah selesai semua kelompokan semua shape dengan cara pilih semua objek shape dengan klik shape star kemudian sambil menekan tombol Shift keyboard klik shape Diamon, shape rectangle dan shape oval lalu klik kanan pilih Grouping - Group


langkah 3:


Sekarang klik shape Oval, kemudian klik menu Format, pada Group Insert Shapes klik Toolbar Text Box lalu ketik huruf sehingga kursor masuk di lingkaran, lalu hapus huruf dengan tombol Backspace keyboard. Kursor masih ada didalam lingkaran lalu klik menu Insert, pada Group Text klik Toolbar Quick Parts - Fields lalu pada bagian Field names cari page, pada Format pilih 1,2,3 lalu Ok.


Ubah Ukuran Huruf dengan cara pilih angka 1 lalu klik menu home ubah ukuran menjadi 12 dan ubah perataan teks pada group paragraph pilih center. sekarang klik kanan shape yang telah di group lalu pilih Cut, kemudian klik 2 kali area Footer di bawah dokumen sehingga muncul garis-garis putus lalu klik menu Home pilih toolbar Paste. lalu pindahkan shape ke area Footer.


Untuk melihat hasil desain Footer nomor halaman, buat halaman baru dengan enter dokumen kebawah sehingga terlihat penomoran telah berhasil dibuat.


Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas :


Semoga Bermanfaat ...


No comments:

Post a Comment