TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Wednesday, July 27, 2022

Cara Membuat Desain Bingkai Kustom Dengan Shapes Di Dokumen Microsoft Word

 


Berikut Langkah-Langkah Mudah Cara Membuat Desain Bingkai Kustom Dengan Shapes Di Dokumen MS Word:


Langkah 1:


Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2019. Kemudian setting layout halaman dengan cara klik menu Page layout, pada group Page setup klik Toolbar Size pilih Letter, Toolbar Orientation pilih Portrait, dan Margin pilih Margin Top=1", Margin Bottom=1", Margin Right=1" dan Margin Left=1".



Buat 4 Halaman kemuadian Ubah tampilan dokumen dengan cara klik Menu View, pada group Zoom klik toolbar Zoom kemudian pada kotak percent isi 49% sehingga tampilan layar terlihat semua.


Langkah 2:


Masukan / Sisipkan Shape Frame ke dokumen, klik Menu Insert, pada Group Illustrations klik toolbar Shapes lalu pilih Frame. Buat kotak frame di dokumen kemudian klik dan tahan lingkaran kecil kuning untuk memperbesar dan memberkecil ketebalan frame. Beri warna frame dengan klik Menu Format, pada group Shape styles klik toolbar Shape Fill lalu pilih warna biru.


Langkah 3 :


Sekarang kita buat bentuk kustom, klik menu Insert - Shapes - pilih rectangle. Buat kotak diatas frame yang telah dibuat lalu ubah ukuran shape dengan klik menu Format, pada group size ubah tinggi shape= 0.44" dan lebar shape=8,49", kemudian beri warna biru, klik shape - Menu Format - pada group shape styles klik toolbar Shape Fill lalu pilih warna biru. 


Kemudian buat lengkung pada shape rectangle dengan cara pilih shape lalu klik Menu Format, pada group Insert Shape klik toolbar edit shape( berupa titik-titik) pilih edit Points (ujung shape menjadi kotak hitam), lalu letakan kursor diujung dalam frame atas, klik kanan shape pilih add point, lakukan cara yang sama untuk menambahkan titik disebelah kanan dan di tengah frame.


Kemudian tarik kotak putih sebelah kiri edit point lalu tarik ke atas dan tarikm keatas juga kotak putih yang ada ditengah. Setelah itu tarik kotak putih sebelah kanan kebawah dan kotak putih sebelah kanan ke bawah sehingga sepertri video diatas.


Beri outline putih pada shape tersebut, pilih shape lalu menu format, pada group shape styles klik toolbar shape outline pilih warna putih, sedangkan untuk ketebalan baris : menu Format - Shape Outline - Weight pilih 4 1/2 pt


Sekarang copy shape custom tersebut dengan cara pilih shape kustom lalu menu Home, pada group Clipboard klik toolbar Copy lalu Paste, sehingga ada 2 shape kustom. Beri warna Shape styles biru Subtle Effect - Blue, Accent 1 kemudian ubah tinggi shape=0.27".


Langkah 4:


Buat shape kustom untuk bagian bawah dengan cara yang sama seperti diatas dengan lengkung dibagian atas, untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial diatas.


Sekarang kita buat garis putus-putus berbentuk kotak dengan cara klik menu Insert, pada Group Illustrations klik toolbar shapes pilih Line lalu buat garis disebelah kiri frame, lalu klik menu format pada group shape styles klik toolbar Shape Outline pilih warna putih dan dashes pilih yang ke-2 dan Weight- More Lines : Width=10.5 pt kemudian buat 2 garis tersebut dengan copy - paste dan letakan disebelah kanan.


Langkah 5:


Sekarang kita buat group pada semua shape yaang telah dibuat dengan cara klik menu Home, pada group editing (sebelah kanan) klik toolbar Select - Selection Pane..kemudian klik frame yang bawah lalu sambil menekan tombol Ctrl keyboard klik semua rectangle dan straight Connector kemudian klik kanan shape yang ada di dokumen lalu pilih Group


Setelah itu buat 4 frame dengan cara klik frame lalu menu home, pada group Clipboard klik toolbar copy lalu paste. pindah kan frame ke 4 halaman kemuadian ubah warna pada masing-masing frame seperti pada video tutorial diatas.


Untuk melihat ke 4 frame, klik menu view pada group zoom klik Multiple Pages kemudian ubah pada kotak percent sehingga 4 halaman bisa terlihat.

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas :


Semoga Bermanfaat ...


Cara Membuat Desain Bingkai Kustom Dengan Shapes Di Dokumen Microsoft Word
Cara Membuat Desain Bingkai Kustom Dengan Shapes Di Dokumen Microsoft Word.

No comments:

Post a Comment