TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Sunday, August 7, 2022

Cara Membuat Tabel dan Menyisipkan Gambar Latar Belakang di Tabel Dokumen Microsoft Word

 


Berikut Langkah-Langkah Mudah Cara Membuat Tabel dan Menyisipkan Gambar Latar Belakang di Tabel Dokumen MS Word :


Langkah 1:


Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2019. Kemudian setting layout halaman dengan cara klik menu Page layout, pada group Page setup klik Toolbar Size pilih Letter, Toolbar Orientation pilih Portrait, lalu ubah tampilan dokumen dengan klik menu View, pada Group Zoom klik toolbar Zoom, isi kotak percent 60% sehingga tampilan dokumen terlihat semua.


Langkah 2:


Cara memuat tabel di MS Word dengan cara klik menu Insert, pada group tables klik toolbar Table lalu buat tabel 5 kolom 7 baris.


Cara mengubah lebar dan tinggi sel tabel, pilih kolom pertama lalu klik menu Layout, pada Group Cell Size ubah tinggi Sel=0.5" dan Lebar sel=0.8".


  • Pada kolom kedua, ubah lebar sel =2.82" dan tinggi sel 0.5"
  • Pada kolom ketiga, ubah lebar sel =1.85" dan tinggi sel 0.5"
  • Pada kolom keempat, ubah lebar sel =1.83" dan tinggi sel 0.5"
  • Pada kolom kelima, ubah lebar sel =1.7" dan tinggi sel 0.5"

 

Setelah itu pilih seluruh sel dengan cara letakan kursor di sel pertama lalu tarik dan tahan sampai sel ujung kanan bawah atau bisa juga dengan cara klik tanda plus di ujung atas kiri tabel. Lalu klik menu Home, pada group Font ubah ukuran huruf =20 dan jenis huruf Calibri, pada baris pertama ketik No, Name of Goods, Price, QTY, TOTAL dan pada baris selanjutnya isi seperti video tutorial diatas.

 

Langkah 3:

 

Sekarang cara membuat bingkai halaman dengan cara klik menu Design, pada group page Background klik toolbar Page Borders, pada tab Page border bagian Art pilih bingkai yang diinginkan atau pilih seperti video tutorial diatas, pada lebar ubah menjadi 24 pt. Kemudian klik tombol Option muncul kotak Border and Shading Options, isi Margin top=24pt, margin Bottom=24pt, margin Left=24pt dan Margin Right=24pt lalu OK, tekan lagi OK. kemudian geser tabel kebawah dengan cara klik dan tahan tanda plus diujung kiri atas tabel lalu geser kebawah.


Setelah itu, sisipkan shape frame dengan cara klik menu insert, pada Group Illustrations klik toolbar Shapes lalu pilih Frame, buat frame di dokumen dan untuk memperbesar atau memperkecil lebar frame klik dan tahan lingkaran kuning yang ada di atas kiri frame lalu tatik ke bawah atau ke atas.


Untuk menghilangkan frame sementara bisa dilakukan dengan cara klik menu home, pada group editing klik toolbar select lalu hilangkan tanda mata sebelah kanan layer frame 3. Cara ini sangat berguna apabila dalam satu dokumen terdapat beberapa shape yang saling bertumpuk.


Langkah 4:


Cara melakukan pehitungan sederhana di Ms Word dengan formula di tabel yang telah dibuat. Untuk mempermudah memahami dalam penggunaan formula, buat terlebih dahulu nama buat setiap kolom dengan A, B, C dan D diatas tabel dan baris pertama dengan angka 1 sampai baris 6 de sebelah kiri tabel dengan cara klik menu Insert, pada group Text klik toolbar Text Box lalu buat seperti video tutorial diatas.

 

Setelah itu, kita akan menghitung total dengan formula dari penjualan televisi, letakan kursor di sel total baris kedua lalu klik menu Layout, pada group Data klik toolbar Formula, muncul kotak formula lalu pada baris pertama ketik =C2*D2 lalu OK. Lakukan Langkah yang sama untuk menghitung Total penjualan Radio, Computer, Laptop dan Telephone, yang perlu diperhatikan adalah baris keberapa dari setiap barang. Untuk Total Computer rumusnya = C4*D4


Untuk menghitung Total keseluruhan, letakan kursor di sebelah kanan TOTAL lalu klik menu layout, pada group Data klik toolbar Formula, muncul kotak formula. Pada kotak pertama ketik=SUM(ABOVE) lalu OK.


Langkah 5:


Cara menghilangkan garis pada tabel dengan cara pilih tabel, letakan kursor di sel pertama lalu tarik dan tahan sampai sel ujung kanan bawah atau bisa juga dengan cara klik tanda plus di ujung atas kiri tabel lalu klik menu design, pada group Borders klik toolbar Borders lalu pilih No Border.


Sekarang cara memberi warna pada tabel, pilih kolom pertama lalu menu design, pada group Table Styles klik toolbar Shading pilih warna biru, kemudian untuk mengubah warna teks menjadi putih dengan cara pilih kolom pertama, klik menu home pada group Font klik toolbar huruf A lalu pilih warna putih.


Langkah 6:


Cara menyisipkan Gambar sebagai latar belakang pada tabel dengan cara klik menu Insert, pada Group Illustrations klik toolbar shapes lalu pilih Rectangle, buat kotak didokumen, untuk merubah ukuran shape klik menu format, pada group size ubah ukuran lebar dan tinggi shape atau dengan cara menarik lingkaran putih yang ada di shape, kemudian cara masukan gambar kedalam shape, klik menu Format, pada group shape styles klik toolbar Shape Fill lalu pilih Picture..kemudian masukan gambar yang ada di forder komputer, untuk contoh ini saya menggunakan gambar dari wallpaper yang ada di windows. kemudian pindahkan shape tersebut ke sel television sampai sel telephone lalu sampai sel TOTAL.


Setelah itu kita munculkan kembali Frame, klik menu home, pada group editing klik toolbar Select lalu klik tanda garis untuk memunculkan kembali frame sehingga tanda mata muncul kembali.


Langkah 7:


Cara membuat Latar belakang gambar transparan di tabel dokumen word dengan cara klik menu Insert, pada Group Illustrations klik toolbar shapes lalu pilih Rectangle, buat kotak seukuran dokumen kemudian klik menu format, pada group Shaape Styles klik toolbar Shape Fill dan pilih warna hijau lalu pindahkan ke belakang tabel dengan cara klik kanan pilih Send to Back-send Behind Text. 


Kemudian buat kotak lagi seukuran dokumen, masukan gambar dengan cara klik menu Format, pada group Shape Fill pilih picture..kemudian masukan gambar yang ada di forder komputer. Untuk membuat gambar menjadi transparan, klik menu format, pada group shape styles klik toolbar Shape Fill lalu pilih gradient - More Gradients, pada kotak Format Picture bagian Transparancy ubah menjadi 74% lalu lalu pindahkan ke belakang tabel dengan cara klik kanan pilih Send to Back-send Behind Text


Apabila gambar yang didalam tabel tidak muncul, bisa dipindahkan keatas dengan cara klik menu home, pada group editing klik toolbar select kemudian klik kanan rectangle atau shape gambar pilih Bring to front.


Kemudian beri warna pada judul tabel dan TOTAL dengan cara pilih sel judul dan sel TOTAL lalu klik menu design, pada group Table Styles klik toolbar Shading pilih warna putih, untuk sel TOTAL KESELURUHAN beri warna coklat.


Langkah 8:


Sekarang kita buat ilustrasi tabel tersebut berada di sebuah papan, klik menu insert kemudian pada group Illustrations klik shapes pilih frame, buat frame sebesar tabel, untuk memberkecil lebar frame, klik dan tahan lingkaran kecil diatas frame lalu geser ke bawah, kemudian beri warna shape styles coklat dan efek bevel, klik menu format, pada shape styles klik toolbar Shape effects pilih bevel lalu pilih yang kedua


Selanjutnya buat balok papan dengan shape Cylinder dan beri teksur kayu dengan cara klik menu format, pada group styles klik toolbar Shape Fill - Texture pilih tekstur kayu. kemudian letakan dibelakang tabel dengan cara klik kanan shape Cylinder pilih Send To Back - Send Behind Text. Kemudian rapihkan.

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas :


Semoga Bermanfaat ...


Cara Membuat Tabel dan Menyisipkan Gambar Latar Belakang di Tabel Dokumen Microsoft Word
Cara Membuat Tabel dan Menyisipkan Gambar Latar Belakang di Tabel Dokumen Microsoft Word.


No comments:

Post a Comment