TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Sunday, July 3, 2022

Belajar Mudah Microsoft Office Word Dari Nol Bagi Pemula

 


Berikut Langkah-Langkah Mudah Belajar Microsoft Office Word Dari Nol :

 

Langkah 1:

 

Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2007. Sekarang kita akan menentukan jenis pengukuran dalam satuan yang akan dipakai dalam dokumen ms word, yang terdiri dari Inches, Centimeters, Milimeters, Points dan Picas.

 

Tekan tombol Microsoft Office Sebeleh kiri atas kemudian klik tombol word Options, muncul kotak Word Options pilih Advanced lalu geser kebawah sampai bagian Display. Pada Show Measurements in Units of : Pilih Centimeters lalu Ok.

 

Note: Pada Microsoft Word 2019: Menu File-Options, muncul kotak Word  Options

 

  • Untuk menampilkan Penggaris, klik Menu View, centang kotak pilihan Ruler pada Group Show/Hide.
  • Untuk pengaturan Layout halaman, klik menu page Layout lalu Toolbar Margins, Orientation dan Size atau klik tanda panah sebelah kanan Group Page Setup, Muncul kotak Page Setup :

                - Pada Tab Margin Ubah, Top=2cm, 

                   Left=2cm, Bottom=2cm,

                   Right=2cm

                - Orientation=Portrait

                - Tab Paper= A4

                - Lalu OK

 

Langkah 2:

Sekarang kita akan melakukan pengaturan teks:

 

Ketik teks kedalam dokumen yang terdiri dari judul dan paragraf teks, lalu pilih seluruh teks dengan cara letakan kursor diawal teks kemudian tarik dan tahan sampai ke akhir teks atau dengan cara tekan tombol CTRL+A pada keyboard.

 

  • Untuk mengatur paragraf teks, Menu Home Lalu Toolbar Paragraph pada Group paragraf, pilih jarak spasi 2,0
  • Untuk merubah jenis huruf pada judul, pilih judul lalu Menu Home pada Group Font terdapat pengaturan Jenis teks, ukuran teks B(Teks Tebal) I(Teks Miring) U(Teks dengan garis bawah).
  • Untuk Membuat Bullet And Numbering, Pilih Teks lalu Menu Home, Pada Group Paragraph Klik Bullet atau Numbering.
  • Untuk jarak Bullet/Numbering klik toolbar dengan panah ke kanan/kiri pada Group Paragraph

 

Langkah 3:

Sekarang kita akan membuat Batas Halaman pada teks yang diberi bullet/numbering.


  • Pilih Teks yang diberi bullet/numbering, lalu Menu Page Layout, Pada Group Page Backgrounds klik toolbar Page Borders.
  • Muncul kotak Border and Shading, klik tab borders lalu pilih box, dan pada style pilih garis yang diinginkan, sekarang terdapat kotak border di teks yang diberi bullet/numbering.
  • Untuk menambahkan warna pada kotak, klik tab Shading, pada Fill pilih warna lalu OK.

 

Langkah 4:

Sekarang kita akan buat garis dibawah judul.

 

  • Letakan kursor dibawah judul, lalu Menu Page Layout, Pada Group Page background, klik toolbar Page Borders.
  • Klik tab page Border, lalu klik Tombol Horizontal Line Di pojok kiri bawah ( Tombol ini ada pada Versi Microsoft Word 2007), pilih garis yang diinginkan lalu OK.

 

Langkah 5:

Untuk membuat huruf besar diawal Paragraf / Drop Cap. Letakan kursor diawal paragraf, lalu Menu Insert, Pada Group Text klik toolbar Drop Cap, pilih Dropped.

  • Untuk menentukan jumlah baris yang dibuat hurup besar, pilih Drop Cap Options..pada lines to drop masukan jumlah baris
  • Untuk membuat jarak menjorok diawal paragraf, letakan kursor diawal paragraf lalu tekan tombol Tab pada keyboard, untuk memperbesar jarak geser tanda segitiga di penggaris ke kanan

 

Langkah 6:

Kita akan menyisipkan ClipArt kedalam Dokumen.

 

  • Letakan kursor mouse dimana ClipArt akan diletakan, lalu Menu Insert, Pada group Ilustrations klik ClipArt  ( Toolbar ini ada pada Versi Microsoft Word 2007 ).
  • Kemudian muncul kotak ClipArt, klik Organize Clips..pilih ClipArt yang diinginkan lalu klik tanda segitiga hitam, pilih Copy lalu klik kanan kursor mouse pilih paste. ClipArt sudah masuk kedalam dokumen.
  • Sekarang kita akan mengatur posisi Clipart di Dokumen dengan Text Wrapping, pilih ClipArt lalu Menu Format, Pada Group Arrange klik toolbar Position, lalu pada With Text Wrapping pilih lokasi ClipArt yang diinginkan.

 

Langkah 7:

Sekarang kita akan mengatur perataan teks, Pilih teks lalu Menu Home, Pada Group Paragraf klik toolbar Perataan Kiri (Align left), Tengah (Center), Kanan (Align Right) atau Rata Kanan dan Kiri (Justify)

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas.


Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment