TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Tuesday, July 12, 2022

Cara Membuat Sertifikat Anda Sendiri di Dokumen Microsoft Word

 


Berikut Langkah-Langkah Mudah Cara Membuat Sertifikat Anda Sendiri di Dokumen MS Word :

 

Langkah 1:


Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2007. kemudian setting layout halaman dengan cara klik menu Page layout, pada group Page setup klik toolbar Margin - Custom Margin, ubah Margin atas=1", Margin Bawah= 1", Margin Kiri=1" dan Margin Kanan =1", lalu pada Tab Paper ubah ukuran kertas menjadi A4 lalu OK. klik toolbar Orientation pilih Landscape lalu klik tab View, ubah tampilan menjadi 70% sehingga semua halaman terlihat.


Langkah 2:


Buat border halaman dengan cara klik menu Page Layout, pada group Page Background klik Toolbar Page Border. Muncul kotak Borders and Shading. Pada tab Page Border pilih border pada bagian art, kemudian pada Apply to: pilih This Section - First Page Only  sehingga border hanya tampil di halaman pertama saja lalu ok.

 

Langkah 3:


Masukan teks deskripsi sertifikat atau seperti contoh video tutorial dibawah, kemudian atur jenis huruf, ukuran huruf pada Menu home group Font dan paragraf teks pada Menu Home group Paragraph.


Langkah 4:


Buat foto sertifikat dengan cara, klik menu insert, pada group Illustration klik toolbar Shapes pilih rectangle kemudian ubah ukuran shape, pilih shape lalu klik menu format, pada group size ubah lebar 1.3" dan tinggi 1.6"


Kemudian masukan gambar kedalam shape dengan cara, pilih shape lalu menu format, pada group shape style klik toolbar Shape Fill lalu pilih Picture.. Masukan foto yang ada di folder komputer lalu Insert.


Untuk memasukan teks kedalam shape, pilih shape lalu Menu Format, pada Group Insert Shape klik toolbar text kemudian ketik Foto, untuk merubah jenis teks dan ukuran teks, pilih teks lalu klik menu Home pada group Font.


  • Untuk memasukan Tanggal sertifikat dan tanda tangan bisa menggunakan textbox dengan cara, klik menu Insert lalu pada Group Text klik Toolbar Text Box, buat kotak di dokumen kemudian masukan tanggal sertifikat dan direktur tempat pelatihan. 
  • Note: untuk membuat text Box transparan, pilih textbox, lalu Menu Format, pada group Shape Style klik Toolbar Shape Fill lalu pilih No Fill dan toolbar Shape Outline pilih No Outline untuk menghilangkan garis.
  • Untuk membuat Latar Belakang sertifikat, klik menu Insert, pada Group Illustration klik toolbar Shapes pilih rectangle kemudian buat kotak sebesar bingkai yang telah dibuat. Setelah itu pilih kotak lalu klik menu Format, pada Group Shape Styles klik toolbar Shape Fill lalu pilih Texture dengan corak Stationary, lalu pindahkan kotak ke belakang teks dengan cara klik kanan kotak lalu pilih Order - Send Behind Text. Kemudian Rapihkan.

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas :


Semoga Bermanfaat ...


Cara Membuat Sertifikat Anda Sendiri di Dokumen Microsoft Word
Cara Membuat Sertifikat Anda Sendiri di Dokumen Microsoft Word.

No comments:

Post a Comment