TRANSLATE

adsense2

tiket.com

eiger

ads

ads

adsense1

Wednesday, July 20, 2022

Cara Memberi Bingkai Pada Dokumen Microsoft Word 2007

 



Berikut Langkah-Langkah Mudah Cara Memberi Bingkai Pada Dokumen MS Word 2007 :


Langkah 1:


Buka Program Microsoft Word Anda. Untuk tutorial ini saya menggunakan Versi 2007. Dalam contoh ini saya akan membuat bingkai untuk sampul halaman skripsi / makalah , yang terdiri dari Judul Makalah, Penyusun, Clip Art dan Nama Perguruan Tinggi.

 

Contoh:


Judul  

" Pengaruh Asap Rokok Bagi Kesehatan ",

Jenis huruf Times New Roman, Ukuran Huruf 20, Bold

 

Penyusun     

Disusun Oleh : Bold

Rahmat Maulana

EOBB675433678     

Jenis huruf Times New Roman, Ukuran Huruf 12

 

Nama Perguruan Tinggi   

Fakultas Kesehatan

Universitas Berdikari

2015

Jenis huruf Times New Roman, Ukuran Huruf 28, Bold


Kemudian beri paragraf pada teks, pilih seluruh teks lalu klik menu Home, pada group paragraf klik toolbar paragraf pilih 1.5.


Langkah 2 :


Ubah tampilan halaman dokumen dengan cara klik menu View, pada Group Zoom klik toobar zoom, pada kotak Percen isi 47% sehingga tampilan halaman terlihat semua. 


Setelah itu, masukan Clip Art dengan cara klik menu Insert, Pada group Illustrations klik toolbar Clip Art kemudian klik Organize Clips..Muncul kotak Favorites - Microsoft Clip Organizer lalu klik folder Office Collections - Academic, pilih yang bergambar buku lalu klik panah hitam - copy kemudian letakan kursor mouse dibawah penyusun, klik kanan - Paste.


  • Supaya Clip Art bisa dipindahkan, pilih Clip Art lalu klik menu format, pada group Arrange klik toolbar Text Wrapping pilih In Front of Text.
  • Kemudian potong Cip Art sehingga hanya gambar buku saja yang ditampilkan, pilih clip Art lalu klik menu Format, pada Group Size klik toolbar Crop kemudian geser dan tahan garis hitam bawah clip Art Keatas.

Langkah 3 :


Sekarang masukan border ke halaman dokumen dengan cara, klik menu Home, pada group Paragraph klik toolbar Borders and Shadding :


  • Pada Tab Page Border, Art : pilih border yang diinginkan atau seperti video tutorial diatas. pada bagian lebar = 20pt dan warna biru lalu ok.
  • Supaya bingkai mendekati teks ubah Margin Top= 1 pt, margin Bottom= 1pt, Margin Left= 4 pt dan Margin Right= 4pt kemudian pada bagian Measure From : pilih Text lalu OK.
  • kemudian saya buat simulasi jilid makalah warna hitam dengan menggunakan shape, klik menu insert, pada bagian Illustrations klik toolbar Shapes - Rectangle. Buat kotak di dokumen dengan ukuran Tinggi= 29,75 cm dan Lebar= 1,58 cm lalu letakan disebelah kiri. Tambahkan warna pada shape, pilih shape lalu klik menu format, pada group Shape Styles pilih warna hitam.
  • Supaya border hanya halaman satu saja, pada Tab Border bagian Apply to: pilih This Section - First page Only. Kemudian rapihkan.

 

Untuk lebih jelasnya, bisa lihat Video Tutorial diatas :


Semoga Bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment